Home » » Jenis-jenis Lensa

Jenis-jenis Lensa

Lensa merupakan bagian penting dari kamera yang tersusun atas elemen-elemen optik yang berfungsi untuk menangkap gambar yang berada di depan kamera sehingga bisa diteruskan ke sensor gambar atau film. Pada kamera prosumer/kamera saku biasanya keberadaan lensa menyatu dengan body kamera sehingga tidak bisa diganti. Berbeda dengan pemilik kamera SLR atau DSLR (untuk yang digital), kamera SLR memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk mengganti lensanya dengan jenis tertentu. Dengan demikian kita lebih bisa berkreasi untuk menghasilkan efek tertentu pada subyek yang difoto.

Jenis lensa dapat diketahui dari focal length/panjang fokalnya. Panjang fokal dari sebuah lensa biasanya tertulis di bagian depan dalam satuan milimeter(mm), misalnya: 50mm. Sehingga bisa diartikan bahwa panjang fokal adalah jarak antara lensa dan bidang film pada saat lensa tersebut fokus pada titik tak terhingga. Biasanya kamera SLR yang kita beli sudah dilengkapi dengan lensa kit, lensa tersebut biasanya berupa lensa zoom yang mempunyai rentang fokal antara 18-55mm.

Berikut jenis-jenis lensa menurut focal length / panjang fokalnya:

1. Lensa Normal / Standar
Adalah lensa yang mempunyai panjang fokal 50mm, disebut normal karena lensa tersebut mempunyai sudut pandang yang hampir sama dengan pandangan manusia.

2. Lensa Wide / sudut lebar
Adalah lensa yang mempunyai panjang fokal pendek atau kurang dari 50mm, misal: 12mm, 18mm, 24mm, 35mm, dll. Lensa tersebut mempunyai sudut pandang lebih lebar dari pandangan manusia. Making pendek focal-length makin lebar sudut pandangnya. Lensa ini cocok untuk pengambilan foto landscape.

3. Lensa Tele
Adalah lensa yang mempunyai panjang fokal lebih dari 50mm, misal: 70mm, 105mm, 300mm, dll. Lensa tersebut mempunyai sudut pandang lebih sempit dari pandangan manusia. Makin panjang focal-length makin sempit sudut pandangnya. Cocok untuk foto jarak jauh atau telephoto.




Sedangkan menurut desain fokalnya, lensa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Lensa Fix / Fixed Focal Length
Merupakan lensa dengan panjang fokal tetap. Lensa ini juga tersedia dalam berbagai ukuran panjang fokal:
- Lensa Fix Wide-Angle (20mm, 35mm)
- Lensa Fix normal/prime (50mm)
- Lensa Fix Telephoto (105mm, 400mm)

2. Lensa Zoom
Adalah lensa dengan panjang fokal yang bisa diubah-ubah, misal: 18-55mm, 18-105mm, 70-300mm, dan lain-lain. Kelebihan dari lensa zoom adalah dalam hal kepraktisan karena dengan satu lensa bisa mendapatkan variasi fokal untuk kebutuhan fotografi dan perspektif yang diinginkan.

Biasanya hasil foto dari lensa zoom memang tidak bisa sebaik lensa fix. Hal ini dikarenakan menurunkan ketajaman akibat rumitnya susunan optik dalam lensa zoom.

Mencari Pilihan Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Lensa Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Kamera Digital dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)



Semoga bermanfaat....
Salam Jepret....

0 comments: