Home » » Definisi Fotografi

Definisi Fotografi

Fotografi berasal dari kata foto = sinar dan grafi = melukis, jadi fotografi berarti melukis dengan sinar. Fotografi juga merupakan sebuah seni, seperti seni yang lain fotografi bisa menjadi media komunikasi. Sangat sedikit orang membuat foto hanya untuk dinikmati sendiri, hampir semua orang membuat foto dengan tujuan agar orang lain bisa melihat apa yang dilihatnya melalui kamera. Apalagi saat ini banyak sekali media online untuk sharing foto sehingga dapat dinikmati oleh orang lain yang mengaksesnya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari dunia fotografi, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Setiap saat kita pasti melihat foto, baik itu di koran, majalah, brosur-brosur, pamflet, spanduk, kalender, internet, dan media-media yang lain.


Saat ini banyak sekali orang yang memilliki kamera sebagai akibat dari kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam pembuatan alat foto. Bahkan memotret sudah menjadi kegiatan wajib dan sangat mudah dilakukan, karena saat ini banyak sekali produk-produk kamera yang sangat murah dan juga mudah untuk dioperasikan dengan banyak fungsi yang serba otomatis. Karena begitu mudahnya sehingga anak kecilpun bisa memotret. Apalagi sekarang alat foto/kamera sudah menjadi fitur multimedia di berbagai alat komunikasi, seperti handphone, smartphone, laptop, dan lain-lain.


Banyak orang bisa memotret, namun yang benar-benar pantas disebut pemotret/fotografer sebenarnya hanya sedikit saja. Fotografer yang baik bukan hanya sekedar bisa mengoperasikan kamera saja tetapi juga harus berjiwa seniman yang harus mampu mengekspresikan ide-ide melalui hasil karya foto. Bagaimanapun canggihnya kamera yang dipakai, tanpa bekal pengetahuan yang baik tentang fotografi mustahil orang bisa menghasilkan foto yang baik dan bernilai seni.


Sebuah foto yang bernilai seni dihasilkan oleh kreatifitas seorang fotografer yang ditunjang dengan kemampuan mengoperasikan kamera. Maka menjadi syarat utama untuk memperdalam pengetahuan dan ketrampilan tentang fotografi agar kita dapat menghasilkan foto yang bernilai seni dan dapat menjadi media komunikasi yang baik bagi orang yang melihatnya.
Mencari Pilihan Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Lensa Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Kamera Digital dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)

Demikian sedikit pengantar tentang fotografi, semoga bermanfaat.
Salam Jepret....

0 comments: