Home » , » Teknik Multiple Exposure - Menggabungkan Beberapa Foto Langsung dari Kamera

Teknik Multiple Exposure - Menggabungkan Beberapa Foto Langsung dari Kamera

Cara Fotografi Multiple Exposure - Menggabungkan Beberapa Foto Langsung dari Kamera
Perkembangan teknologi digital memungkinkan Anda merekam dua atau lebih gambar/adegan yang berbeda pada satu frame dengan menggunakan software foto editor, seperti Adobe Photoshop. Namun saat ini telah banyak produk kamera Digital SLR yang sudah memiliki fitur ini sehingga memungkinkan beberapa eksposure diterapkan pada satu frame tanpa membutuhkan software eksternal.

Jadi yang dimaksud dengan multiple exposure adalah merekam dua atau lebih adegan dan menggabungkannya dalam satu frame. Sebenarnya teknik multiple exposure ini bukanlah hal yang baru, bahkan sudah ada sejak zaman kamera film/analog. Teknik ini biasanya digunakan untuk merekam dua atau lebih adegan baik gerak maupun diam dalam satu frame dengan tujuan untuk menghasilkan gambar agar terlihat terlihat lebih dramatis, dinamis, dan artistik.

Bagaimana cara membuat foto dengan teknik multiple exposure langsung dari kamera?

Teknik Multiple Exposure - Menggabungkan Beberapa Foto Langsung dari Kamera
Multiple Exposure

Berikut tips dan cara foto multiple exposure langsung dari kamera

Syarat utama adalah jenis kamera digital yang Anda gunakan harus sudah memiliki fitur multiple exposure. Itu bisa dilihat kembali dari spesifikasi Kamera DSLR yang Anda miliki. Kalau ternyata kamera Anda tidak memiliki fitur tersebut namun sangat ingin mencoba teknik ini, ya harus segera ganti kamera atau pinjam dulu ke teman dalam komunitas Anda.

Tentukan kondisi cahaya yang baik agar menjamin keberhasilan eksperimen teknik multiple exposure. Cahaya yang mengenai subjek juga harus konstan, tidak berubah-ubah agar auto fokus dan lightmeter tetap terjaga.

Tentukan berapa frame yang akan ditumpuk ke dalam satu frame sesuaikan dengan subjek yang akan diambil. Imajinasikan subjek yang akan digabung untuk menentukan hasil kreatifitas dari foto. Umumnya kamera memiliki 2 sampai 10 frame pada fitur multiple exposure. Berapa banyak frame yang akan digabung dapat Anda tentukan sendiri sesuai dengan daya kreatifitas Anda.

Berlatih dengan sungguh-sungguh dan konsisten akan mengasah kemampuan Anda menggunakan teknik multiple esposure.

Selamat mencoba cara foto multiple exposure langsung dari kamera dan semoga bermanfaat bagi sobat fotografer semua.

Mencari Pilihan Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Lensa Kamera DSLR dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)
Mencari Pilihan Kamera Digital dengan Harga Termurah (Beli/Klik di sini)

0 comments: